Saturday, May 27, 2017

Materi 2 "Menjadi Ibu Profesional, kebanggan keluarga"

Matrikulasi Ibu Profesional Sesi #2

🙋MENJADI IBU PROFESIONAL, KEBANGGAAN KELUARGA🙋

Apa kabar bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP batch #4? Pekan ini kita akan belajar bersama
a. Apa Itu Ibu Profesional?
b. Apa itu Komunitas Ibu Profesional?
c. Bagaimana tahapan-tahapan untuk menjadi Ibu Profesional?
d. Apa saja indikator keberhasilan seorang Ibu Profesional?

🍀APA ITU IBU PROFESIONAL?

Kita mulai dulu dengan mengenal kata IBU ya. Menurut Kamus Besar bahasa Indonesia Ibu itu memiliki makna 1 perempuan yang telah melahirkan seseorang; 2 sebutan untuk perempuan yang sudah bersuami;3 panggilan yang takzim kepada perempuan baik yang sudah bersuami maupun yang belum; 4 bagian yang pokok (besar, asal, dan sebagainya): -- jari; 5 yang utama di antara beberapa hal lain; yang terpenting: -- negeri; -- kota;

Sedangkan kata PROFESIONAL, memiliki makna 1 bersangkutan dengan profesi; 2 memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya: ia seorang juru masak --;
Berdasarkan dua makna tersebut di atas, maka IBU PROFESIONAL adalah seorang perempuan yang :

a. Bangga akan profesinya sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak-anaknya.
b.Senantiasa memantaskan diri dengan berbagai ilmu, agar bisa bersungguh –sungguh mengelola keluarga dan mendidik anaknya dengan kualitas yang sangat baik.

🍀APA ITU KOMUNITAS IBU PROFESIONAL?

Adalah forum belajar bagi para perempuan yang senantiasa ingin meningkatkan kualitas dirinya sebagai seorang ibu, istri dan sebagai individu.

🍀MISI KOMUNITAS IBU PROFESIONAL

1.Meningkatkan kualitas ibu dalam mendidik anak-anaknya, sehingga bisa menjadi
guru utama dan pertama bagi anaknya.
2. Meningkatkan kualitas ibu dalam mengelola rumah tangga dan keluarganya
sehingga menjadi keluarga yang unggul.
3. .Meningkatkan rasa percaya diri ibu dengan cara senantiasa berproses menemukan misi spesifik hidupnya di muka bumi ini. Sehingga ibu bisa produktif dengan bahagia, tanpa harus meninggalkan anak dan keluarganya
4. Meningkatkan peran ibu menjadi "change agent" (agen pembawa perubahan), sehingga keberadaannya akan bermanfaat bagi banyak orang.


🍀VISI KOMUNITAS IBU PROFESIONAL

Menjadi komunitas pendidikan perempuan Indonesia yang unggul dan profesional sehingga bisa berkontribusi kepada negara ini dengan cara membangun peradaban bangsa dari dalam internal keluarga.


🍀BAGAIMANA TAHAPAN-TAHAPAN MENJADI IBU PROFESIONAL?

Ada 4 tahapan yang harus dilalui oleh seorang Ibu Profesional yaitu :
a. Bunda Sayang
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan kualitas ibu dalam mendidik anak-anaknya, sehingga bisa menjadi guru utama dan pertama bagi anak-anaknya

b. Bunda Cekatan
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan kualitas ibu dalam mengelola rumah tangga dan keluarganya sehingga menjadi keluarga yang unggul.

c. Bunda Produktif
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan rasa percaya diri ibu, dengan cara senantiasa berproses menemukan misi spesifik hidupnya di muka bumi ini. Sehingga ibu bisa produktif dengan bahagia, tanpa harus meninggalkan anak dan keluarganya

d. Bunda Shaleha
Ilmu-ilmu untuk meningkatkan peran ibu sebagai agen pembawa perubahan di masyarakat, sehingga keberadaannya bermanfaat bagi banyak orang.

🍀APA INDIKATOR KEBERHASILAN IBU PROFESIONAL?

"Menjadi KEBANGGAAN KELUARGA"

Kalimat di atas adalah satu indikator utama keberhasilan seorang Ibu Profesional. Karena anak-anak dan suami kitalah yang paling berhak pertama kali mendapatkan ibu dan istri yang terbaik di mata mereka.

Maka yang perlu ditanyakan adalah sbb :

BUNDA SAYANG
a. Apakah anak-anak semakin senang dan bangga dididik oleh ibunya?
b. Apakah suami semakin senang dan bangga melihat cara istrinya mendidik anak-anak, sehingga keinginannya terlibat dalam pendidikan anak semakin tinggi?
c. Berapa ilmu tentang pendidikan anak yang kita pelajari dalam satu tahun ini?
d. Berapa ilmu yang sudah kita praktekkan bersama anak-anak?

BUNDA CEKATAN
a. Apakah manajemen pengelolaan rumah tangga kita menjadi semakin baik?
b.Apakah kita sudah bisa meningkatkan peran kita di rumah? Misal dulu sebagai "kasir" keluarga sekarang menjadi "manajer keuangan keluarga".
c.Berapa ilmu tentang manajemen rumah tangga yang sudah kita pelajari dalam satu tahun ini?
d.Berapa ilmu yang sudah kita praktekkan dalam mengelola rumah tangga

BUNDA PRODUKTIF
a. Apakah kita semakin menemukan minat dan bakat kita?
b. Bagaimana cara kita memperbanyak jam terbang di ranah minat dan bakat kita tersebut?
c. Apakah kita merasa menikmati (enjoy), mudah (easy), menjadi yang terbaik (excellent) di ranah minat dan bakat kita ini?
d. Bagaimana cara kita bisa produktif dan atau mandiri secara finansial tanpa harus meninggalkan anak dan keluarga?

BUNDA SHALEHA
a. Nilai-nilai apa saja yang kita perjuangkan dalam hidup ini?
b. Apa yang ingin kita wariskan di muka bumi ini, yang tidak akan pernah mati ketika kita tiada?
c. Program berbagi apa yang akan kita jalankan secara terus menerus?
d. Apakah kita merasa bahagia dengan program tersebut?

Selamat berproses menjadi Ibu Profesional, dan nikmatilah tahapan-tahapan belajar yang bunda dan calon bunda rasakan selama mengikuti program pendidikan di Ibu Profesional ini dengan segenap kesungguhan

Seperti pesan pak Dodik kepada Ibu Septi untuk meyakinkan beliau tentang pentingnya kesungguhan menjadi seorang Ibu sbb:
"Bersungguh-sungguhlah kamu di dalam, maka kamu akan keluar dengan kesungguhan itu, tidak ada hukum terbalik" -Dodik Mariyanto

Salam Ibu Profesional


/Tim Matrikulasi Ibu Profesional/

📚SUMBER BACAAN:
Kamus Besar Bahas Indonesia, Edisi keempat, Balai Pustaka, Jakarta, 2008
Hei, Ini Aku Ibu Profesional, Leutikaprio, cetakan 1, 2012
Bunda Sayang, Seri Ibu Profesional, Gaza Media, cetakan 1, 2013
Bunda Cekatan, Seri Ibu Profesional, Gaza Media, cetakan 1, 2014
Bunda Produktif, Catatan Ikhtiar Menjemput Rizki, Seri Ibu Profesional, J&J Publishing, cetakan 1, 2015

Disimpan oleh,
Miraa Nihlaa Hilaby

Tugas NHW #2

NHW#2 kali ini mengenai tentang diri kita. Apa yang kurang, apa yang perlu kita perbaiki atau apa yang ingin kita tingkatkan.

Mengapa saya kali ini mengerjakannya dekat dateline, selain karena harus bertanya suami terapi juga memikirkan apakah saya mampu dan bisa untuk mengerjakan rutinitas ini dengan istiqomah.

Ya seharusnya tak ada alasan untuk terlambat mengerjakan peer. Baiklah mumpung ada waktu mari kita kerjakan ini. Bismillah..

📝✅"CHECKLIST INDIKATOR PROFESIONALISME PEREMPUAN"✅📝

a. Sebagai individu
📌sholat wajib tepat waktu, 5x dalam 3 bulan
📌sholat sunnah min. 3x dalam sehari selama 3 bulan
📌mandi 2x sehari selama 3 bulan
📌tilawah quran 2,5 lembar dalam sehari selama 3 bulan
📌bangun lebih pagi, min. 3x dalam seminggu selama 3 bulan

b. Sebagai istri
📌menemani suami menonton film dirumah min. 2x dalam sebulan selama 3 bulan
📌membuatkan makanan/cemilan kesukaannnya (contoh:risol mayo) min. 1x sebulan selama 3 bulan
📌memastikan rumah rapih sebelum bepergian min. 3x dalam sebulan selama 3 bulan
📌lebih hemat dalam pengeluaran rumah tangga. Be a good manager 😄

c. Sebagai ibu
📌menemani anak bermain *tanpa* hp, min. 4 jam dalam sehari selama 3 bulan
📌jika ingin melarang, tidak menggunakan dana tinggi untuk memanggil anak. Min. 3x dalam seminggu selama 3 bulan
📌membuatkan sarapan bergizi dipagi hari untuk anak sebelum memulai aktifitas yang lain. Setiap hari selama 3 bulan
📌senantiasa tersenyum saat bermain dengan anak. Meski tingkah lakunya sedang "menggemaskan". Min. 3x dalam sehari selama 3 bulan
📌memeluk anak dalam sehari minimal 5x selama 3 bulan
📌bermain sebelum tidur dikamar. Min. 3x dalam seminggu selama 3 bulan

Semoga Allah bantu diri ini untuk menjalankan apa yang ditulis dengan baik. Semoga bisa istiqomah. Allahu Akbar!!

Cukuplah Allah sebagai penolong, karena Allah adalah sebaik-baiknya pelindung

Ditulis dan dicermati oleh
Miraa Nihlaa Hilaby

Friday, May 19, 2017

Materi 1 "Adab Menuntut Ilmu"

ADAB MENUNTUT ILMU
Senin, 15 Mei 2017

Disusun oleh Tim Matrikulasi- Institut Ibu Profesional

Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mengubah perilaku dan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Karena pada dasarnya ilmu menunjukkan kepada kebenaran dan meninggalkan segala kemaksiatan.
Banyak diantara kita terlalu buru-buru fokus pada suatu ilmu terlebih dahulu, sebelum paham mengenai adab-adab dalam menuntut ilmu. Padahal barang siapa orang yang menimba ilmu karena semata-mata hanya ingin mendapatkan ilmu tersebut, maka ilmu tersebut tidak akan bermanfaat baginya, namun barangsiapa yang menuntut ilmu karena ingin mengamalkan ilmu tersebut, niscaya ilmu yang sedikitpun akan sangat bermanfaat baginya.
Karena ILMU itu adalah prasyarat untuk sebuah AMAL, maka ADAB adalah hal yang paling didahulukan sebelum ILMU

ADAB adalah pembuka pintu ilmu bagi yang ingin mencarinya
Adab menuntut ilmu adalah tata krama (etika) yang dipegang oleh para penuntut ilmu, sehingga terjadi pola harmonis baik secara vertikal, antara dirinya sendiri dengan Sang Maha Pemilik Ilmu, maupun secara horisontal, antara dirinya sendiri dengan para guru yang menyampaikan ilmu, maupun dengan ilmu dan sumber ilmu itu sendiri.
Mengapa para Ibu Profesional di kelas matrikulasi ini perlu memahami Adab menuntut ilmu terlebih dahulu sebelum masuk ke ilmu-ilmu yang lain?

Karena ADAB tidak bisa diajarkan, ADAB hanya bisa ditularkan
Para ibulah nanti yang harus mengamalkan ADAB menuntut ilmu ini dengan baik, sehingga anak-anak yang menjadi amanah para ibu bisa mencontoh ADAB baik dari Ibunya

☘ADAB PADA DIRI SENDIRI

a. Ikhlas dan mau membersihkan jiwa dari hal-hal yang buruk.
Selama batin tidak bersih dari hal-hal buruk, maka ilmu akan terhalang masuk ke dalam hati.Karena ilmu itu bukan rentetan kalimat dan tulisan saja, melainkan ilmu itu adalah "cahaya" yang dimasukkan ke dalam hati.

b. Selalu bergegas, mengutamakan waktu-waktu dalam menuntut ilmu, Hadir paling awal dan duduk paling depan di setiap majelis ilmu baik online maupun offline.

c.Menghindari sikap yang "merasa' sudah lebih tahu dan lebih paham, ketika suatu ilmu sedang disampaikan.

d.Menuntaskan sebuah ilmu yang sedang dipelajarinya dengan cara mengulang-ulang, membuat catatan penting, menuliskannya kembali dan bersabar sampai semua runtutan ilmu tersebut selesai disampaikan sesuai tahapan yang disepakati bersama.

e. Bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas yang diberikan setelah ilmu disampaikan. Karena sejatinya tugas itu adalah untuk mengikat sebuah ilmu agar mudah untuk diamalkan.


☘ADAB TERHADAP GURU (PENYAMPAI SEBUAH ILMU)

a. Penuntut ilmu harus berusaha mencari ridha gurunya dan dengan sepenuh hati, menaruh rasa hormat kepadanya, disertai mendekatkan diri kepada DIA yang Maha Memiliki Ilmu dalam berkhidmat kepada guru.

b. Hendaknya penuntut ilmu mendahului guru untuk menjelaskan sesuatu atau menjawab pertanyaan, jangan pula membarengi guru dalam berkata, jangan memotong pembicaraan guru dan jangan berbicara dengan orang lain pada saat guru berbicara. Hendaknya penuntut ilmu penuh perhatian terhadap penjelasan guru mengenai suatu hal atau perintah yang diberikan guru. Sehingga guru tidak perlu mengulangi penjelasan untuk kedua kalinya.

c. Penuntut ilmu meminta keridhaan guru, ketika ingin menyebarkan ilmu yang disampaikan baik secara tertulis maupun lisan ke orang lain, dengan cara meminta ijin. Apabila dari awal guru sudah menyampaikan bahwa ilmu tersebut boleh disebarluaskan, maka cantumkan/ sebut nama guru sebagai bentuk penghormatan kita.

☘ADAB TERHADAP SUMBER ILMU

a. Tidak meletakkan sembarangan atau memperlakukan sumber ilmu dalam bentuk buku ketika sedang kita pelajari.

b. Tidak melakukan penggandaan, membeli dan mendistribusikan untuk kepentingan komersiil, sebuah sumber ilmu tanpa ijin dari penulisnya.

c. Tidak mendukung perbuatan para plagiator, produsen barang bajakan, dengan cara tidak membeli barang mereka untuk keperluan menuntut ilmu diri kita dan keluarga.
d. Dalam dunia online, tidak menyebarkan sumber ilmu yang diawali kalimat "copas dari grup sebelah" tanpa mencantumkan sumber ilmunya dari mana.
e. Dalam dunia online, harus menerapkan "sceptical thinking" dalam menerima sebuah informasi. jangan mudah percaya sebelum kita paham sumber ilmunya, meski berita itu baik.
Adab menuntut ilmu ini akan erat berkaitan dengan keberkahan sebuah ilmu, shg mendatangkan manfaat bagi hidup kita dan umat

Referensi :
Turnomo Raharjo,
Literasi Media & Kearifan Lokal: Konsep dan Aplikasi, Jakarta, 2012.

Bukhari Umar, Hadis Tarbawi (pendidikan dalam perspekitf hadis), Jakarta: Amzah,
2014, hlm. 5

Muhammad bin sholeh, Panduan lengkap Menuntut Ilmu, Jakarta, 2015

Disimpan oleh,
Miraa Nihlaa Hilaby

Tugas NHW#1



Bismillah, memulai belajar sesuatu yang baru dari apa yang ada didalam diri, semoga Allah meridhai. Aamiin

Berikut ini adalah pertanyaan untuk Nice Home Work #1 dan beserta jawabannya :


1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.
  •  Hasil saya diskusi dengan suami, dimana pada intinya saya ingin menjadi Ibu yang baik, istri yang baik dan anak yang baik. Maka dapat disimpulkan bahwa satu ilmu yang mencakup luas yang ingin saya pelajari dan dalami adalah Ilmu Meraih Surga.  
2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut?

  •   Karena hakikatnya kita tidak hanya hidup dalam alam dunia,tetapi kelak kita akan hidup juga pada alam akhirat. Maka apa yang kita raih didunia untuk menggapai hidup nyaman di akhirat? Ya raihlah ilmu surga. Dimana ilmu surga ini mencakup banyak hal seperti :

a.       Perbanyak sabar, karena ia tidak ada batasnya
b.      Mendidik Anak-anak kami dengan baik, karena merekalah yang membawa kita ke surga atau ke neraka
c.       Ikhlas dalam menjalani kehidupan ini
d.      Selalu bersyukur dengan kehidupan yang saat ini telah dimilki
e.      Berlaku baik dengan saudara kami, sahabat kami dan kerabat kami. Karena kelak kita tidak tahu mana yang akan senantiasa menolong kami dikala susah.
f.        Senantiasa Memperbaiki ibadah kami, karena kita tak pernah tahu kapan kita lengah
g.       Senantiasa memperbaiki niat kami
h.      Serta jadikan diri adalah contoh yang baik untuk anak kita. Karena anak adalah peniru ulung
i.        dll

3.       3. Bagaimana strategi nenuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?
  •   Strategi dalam menuntut ilmu Meraih Surga adalah :
a.  sering melakukan interopeksi diri, sehingga tidak merasa diri paling benar dan paling tahu.
b.Komitmen dengan apa yang akan, sedang dan telah dijalani
c. Menyiapkan waktu, siapkan diri, siapkan hati dan pikiran
d.Memperkaya diri dengan menghadiri kajian ilmu (jika mampu dan bisa)
e.Bergabung dengan komunitas/bergaul dengan orang-orang yang  “satu frekuensi”
f.  Mengajak suami berjalan belajar bersama, bergandengan tangan hingga  mencapai surga. (menahan nangis sampe sini :_) )

  •  Perubahan sikap yang harus saya perbaiki dalam proses tersebut adalah :
a. Tidak mudah emosi, tidak mudah suudzon, dan tidak mudah menyerah
b.Memperbanyak sabar
c. Tidak menyia-yiakan waktu
d.Konsisten dengan jadwal harian ( dan sampe sini. malu sama diri sendiri X_X )

4.       4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?
  • Perbaikan dari diri sendiri :
a. menyelesaikan hingga tuntas ilmu yang sedang dipelajari
b.sering mengulang pelajaran tersebut.
c. memperlakukan sumber ilmu dengan baik
  
sepertinya tugas saya isi segini aja dulu, ini aja udah merasa takut kalau ga bisa menjalani semuanya dengan baik. Kalau udah kaya gini, berasa diri ga punya bekal apa-apa untuk “dikasih” ke anak-anak. Semakin gundah gulana, jika umur ga sampe besok ga punya apa-apa untuk jadi bekal disana. X_X

Ditulis dan dicermati oleh
Miraa Nihlaa Hilaby_NHW#1

“Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara mulia” Tim Matrikulasi Ibu Profesional

Monday, August 11, 2014

NCC Menu Ramadhan - Lebaran : Mac and Cheese Ball by Miraa Nihlaa

Dear Mba-mba Cantik,,,

Ku mau laporan ya..
Makanan ini ku buat dalam rangka buat iseng-iseng di hari lebaran..
Ternyata pada suka dan nagih.

Resepnya ku dapat dari facebook, silahkan di cek

Mac And Cheese Ball
Recipe by www.kejumoo.com

Bahan :
250 gr macaroni masak
10 gr bawang putih cincang
1 buah bawang bombang cincang (tambahan dari aku)
150 gr keju kraft cheddar parut
100 gr daging asap
150 gr mentega
150 gr tepung terigu
300 ml susu cair
10 gr daun parsley cincang
1 sdm mustard (ku ga pake)
100 gr tepung roti
gula secukupnya
garam secukupnya
lada secukupnya

Cara memasak :
1. panaskan mentega, bawang puting, bawang bombay hingga harum.  lalu masukkan tepung dan susu cair, masak hingga mengental.
2. Masukkan macaroni rebus, keju parut, daging asap, daus parsley cindang, garam, gula dan lada.
3. dinginkan, bentuk bola dan balur dengan tepung roti.
4. goreng dengan minyak panas hingga kecoklatan. angkat dan tiriskan. siap dihidangkan.

Selamat mencoba,

Miraa Nihlaa

Friday, January 31, 2014

Klappertaart Keju

Dear Host..

Ku mau laporan buat cheese week..

Klappertaart keju ini ku buat, karena pengen banget merasakan sensasi keju dengan lembutny kelapa berpadu.. Dan inilah hasilnya..

CHEESE KLAPPERTAART

Sumber : http://catatan-nina.blogspot.com/2012/03/cheese-klappertaart.html?m=1

Bahan:
1000 ml susu cair --- aq dicampur air kelapa
50 gr tepung custard
50 gr tepung terigu--- aq 100 gr
50 gr tepung maizena
225 gr gula pasir (aslinya 250 gr)
6 kuning telur
150 gr mentega
100 gr keju cheddar parut halus--aq tmbh 35gr cream cheese
1 sdt vanilla
3 buah kelapa muda, ambil dagingnya
kismis, almond/kenari (skip, hanya dipakai untuk topping aja)

Topping:
6 putih telur
4 sdm gula kastor
2 sdm tepung terigu
kismis secukupnya (direndam air hangat, peras dan percikkan vanilla)
almond secukupnya (bisa juga memakai kenari)
kayu manis bubuk secukupnya
keju cheddar parut secukupnya
red cherry kering secukupnya

Cara Membuat:
Larutkan tepung terigu, tepung maizena dan tepung custard dengan sebagian susu, aduk rata dan pastikan tidak ada yang bergerindil (saring bila perlu)
Panaskan fresh milk dan gula, masukkan campuran susu dan tepung. Aduk terus hingga mengental dan meletup-letup. Pastikan untuk mengaduk hingga ke dasar panci ya, agar tidak gosong.
Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
Masukkan vanilla, aduk rata.
Masukkan kuning telur satu persatu sambil terus diaduk rata dan kemudian masukkan daging kelapa muda, aduk rata.
Masukkan keju cheddar parut, aduk rata.
Tuang adonan ke dalam cup alufoil atau bisa juga dituang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah dipoles tipis dengan mentega.
Panggang dengan cara au bain marie/ steam bake dengan suhu 170'C selama kurang lebih 15 menit.

Topping:
Kocok putih telur dengan menggunakan mixer, masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dimixer hingga kaku.
Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan menggunakan spatula.
Masukkan campuran putih telur ke dalam piping bag dan semprotkan ke atas adonan setengah matang tadi hingga cukup tinggi.
Taburi atasnya dengan kayu manis bubuk kemudian taburi kembali dengan kismis dan almond.
Panggang lagi hingga topping berwarna kecoklatan.
Angkat dan dinginkan.

Demikian laporanku..Makasi
Best regards,

Miraa Nihlaa

Tuesday, October 8, 2013

Choco Puding Soup

Soup?? puding?? kok aneh ya terdengarnya? tetapi percaya deh, ini kombinasi yang maniss..





Enakkkkkk..... itu kata pertama yang terucap saat pertama kali merasakan ini di rumah sepupuku. 

Berhubung kadang suka eksperimen didapur, kayanya kurang pas aja kalau aku sampai tidak mencoba membuatnya didapur sendiri. karena ada NCC Chocolate Weeks jadi terpacu membuatnya dan mengabadikannya.



Sensasi soup susu dan puding coklat ini begitu lembut membelai lidah...*slurrp, nelan air ludah..


Choco Puding Soup
by Miraa Nihlaa


 Bahan :
900 ml   susu cair
1 Bgks   Agar-agar coklat
100 gr    Gula pasir
60 gr      Coklat Bubuk
1 sdt      Maizena (cairkan dengan sedikit susu cair)
¼ sdt     Garam
75 gr      Dark Cooking Chocolate (potong kecil-kecil)

Soup :
1 ltr       Susu cair Tawar

Cara Buat :
1.       Cairkan DCC, sisihkan.
2.       Masukkan Susu, agar-agar, gula pasir, garam. Aduk rata, panaskan dalam panci
3.       Cairkan coklat bubuk dan maizena, Masukkan ke campuran tadi. Aduk rata.
4.       Masak hingga mendidih, matikan api.
5.       Lalu masukkan coklat yang telah dicairkan tadi, aduk hingga rata.
6.       Tuang puding coklat ke wadah kotak, biarkan hingga dingin dan membeku
7.       Potong-potong puding yang telah beku, lalu tuangkan susu. Aduk rata ke seluruh potongan puding. Dinginkan kembali. Sajikan dalam keadaan dingin.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...