Friday, April 26, 2013

Ketan Serundeng



Ini adalah setoran kedua untuk Event JTIW adalah Ketan Serundeng atau Ketan Gurih. Saya suka sekali dengan ketan gurih ini, karena serasa kembali ke masa kanak-kanak. karena makan ketan ini hanya pada acara tertentu, hanya biasanya ketannya itu adalah kuning. Tapi kali ini saya buatnya putih sesuai resepnya mba indah "ienk".

Berikut ini resepnya 
Ketan Gurih INDONESIA
by mba Indah 'ienk'

Bahan :
  • 250 gr Beras ketan
  • 100 ml santal kental, beri sejumput garam, masak hingga mendidih. Sisihkan.
Bumbu:
  • 3 buah cabai merah, haluskan (saya pakai 5)
  • 5 sdm gula pasir yg kasar (saya pakai 4 sdm)
  • 1 butir kelapa tua ukuran sedang, kupas & parut, kemudian sangrai sampai 1/2 kering.
Cara membuat :
  • Cuci beras ketan hingga bersih
  • Kukus beras ketan ± 10-15mnt
  • Angkat beras ketan, taruh dalam wadah kemudian aduk sambil tuangi santan kental sedikit demi sedikit.
  • Kukus kembali beras ketan hingga matang.
  • Setelah matang, angkat kemudian taruh dalam wadah yg telah di olesi minyak. (saya pakai cetakan satuan)
  • Padatkan ketan dengan cara ditekan. lalu taburi bumbu gurih
Bumbu gurih :
  • Masukkan cabai merah yg sudah dihaluskan kedalam kelapa sangrai, lanjutkan sangrai hingga kelapa benar2 kering. Angkat
  • Haluskan kelapa sangrai  dan gula pasir hingga halus kasar (bentuk butiran masih terlihat).
selamat mencoba...

salam jajanan indonesia,

Miraa

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...