Friday, February 2, 2018

Ini Apa Sih?

Tantangan hari#2

Hari ini ummi menjalankan misi untuk mengeksplorasi gaya belajar kaka N. 

Meski hari-hari sebelumnya ummi sudah lakukan pengamatan kecil-kecilan. Sementara hasilnya kaka N adalah visual auditory. 

Pengamatan yang ummi lakukan sebelumnya melalui menceritakan buku cerita dengan penuh ekspresi serta mengarahkan hal-hal kecil yang dekat dengan kaka N. 

Misalnya saja saat ummi ingin mengenalkan kaka N tentang nyamuk, maka sembari menunjuk gambarnya seraya ummi bercerita bahwa ia bernama nyamuk, sukanya menggigit. Seperti menggigit kaki kaka N dan membuat gatal. Tidak lupa ummi menunjuk kaki dan ekspresi kegatalan. 

Dari hal ini, setiap ia membuka buku dan melihat nyamuk lantas kaka N akan langsung menunjuk ke arah kakinya serta berekspresi kegatalan. Hihihi.. Peniru ulung

***

Permainan kali ini, sterefoam dan pin paku. Alat yang sama sekali belum pernah kaka N mainkan sebelumnya.   Saat permainan dimulai terlihat kaka N cukup lihai saat menyematkan pin ke sterefoam.


Wow.. Istimewa!!
Ummi baru ingat, beberapa kali ummi membiarkan kaka N bermain jarum pentul milik ummi. Agar bermain dengan aman, ummi ajarkan kaka N untuk menancapkannya kedalam kasur. Hihihi.. Proses yang sama tetapi dengan alat yang berbeda. Jadi, pantas saja kaka N lihai, ia sudah terlatih sebelumnya. 


Namun..
Karena alat yang digunakan berbeda, cukup membuatnya bermain dengan konsentrasi selama lima menit. Tiga menit pertama dilaluinya untuk menyematkan pin paku dan sisanya kaka N gunakan untuk mencabutnya. 

Terlihat buru-buru sekali kaka N melakukannya. Seolah ada kalimat dikepalanya, "ini apa sih?". Ternyata alasan kaka N bergegas karena ia ingin segera "mempelajari" lebih lanjut si sterefoam yang baru dikenalkannya. 



Mengenaskan nasibnya, dipatahkan jadi bagian-bagian kecil oleh kaka N. Tak berhenti disitu, kaka N remas-remas si sterefoam itu menjadi butir-butir kecil seperti butiran nasi sambil ia berlari-lari di dalam rumah.  

Penampakan yang seperti nasi itu membuat kaka N sesekali berakting pura-pura memakannya. Hihihi.. Korban ayahnya kalau ini. 

Dan..
Permainan hari ini sementara membuat ummi berkesimpulan bahwa gaya belajar kaka N adalah visual kinestetik. 

***
Masih panjang tugasnya
Terus catat idealnya
Agar tak hilang gagasnya
Belajar bermain enaknya

Semangat teruss!!!


#harikedua
#Tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...