Saturday, December 2, 2017

Dana Darurat

*Dana Darurat* adalah dana yang digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang mendesak dan mendadak. Ingat, dana tersebut digunakan untuk kebutuhan, bukan keinginan. Misalnya jika kendaraan Anda mengalami kerusakan, terpaksa Anda harus memperbaikinya dengan dana darurat.

🖐🏻 *Langkah berikut ini untuk memperbaiki Dana Darurat Anda yang terlanjur terpakai :*

🐾 _Anda perlu melakukan_🐾

☝🏻 *Financial health check up* atau cek kondisi kesehatan keuangan.
Ada beberapa indikator yang digunakan dalam financial health check up. Dalam kasus ini, salah satu indikator yang paling penting untuk diketahui adalah *Rasio Likuiditas*

Untuk memudahkan Anda melakukan  financial health check up, cobalah menggunakan *Fitur* financial health check up pada *aplikasi keuangan Finansialku*. Anda cukup mengisi beberapa data yang dibutuhkan dan aplikasi Finansialku akan secara otomatis menghitung berbagai rasio dalam financial health check up. Dengan hasil financial health check up, Anda bisa mengetahui target apa yang harus dicapai untuk mengembalikan keuangan ke kondisi yang sehat. Terutama terkait kondisi dana darurat.

✌🏻 *Menghitung Ulang Kebutuhan Dana Darurat*

Setiap tahun kebutuhan bisa berubah. Hal ini bisa dikarenakan inflasi ataupun life event tertentu. Ketika sedang menyiapkan kembali dana darurat,

☝🏻✌🏻 *Susun Rencana Mengumpulkan Dana Darurat*

Setelah mengetahui berapa besar dana yang dibutuhkan, Anda dapat menyusun rencana untuk mengumpulkannya kembali. Anda tidak disarankan untuk mengumpulkan dalam jangka waktu yang terlalu lama. Jika memungkinkan segera kembalikan jumlah dana darurat Anda sesuai kebutuhan selama 1 atau 2 tahun. Anda perlu menghitung berapa besar dana yang harus diinvestasikan setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan dana darurat tersebut.

✌🏻✌🏻 *Berkomitmen untuk Disiplin dan Mengurangi Pengeluaran*

Dana darurat merupakan prioritas utama dalam piramida prioritas keuangan. Jika saat ini Anda belum memiliki dana darurat maka tidak disarankan untuk memenuhi keperluan lainnya. Hal ini dikarenakan dana darurat sangat penting bagi setiap orang. Baik yang masih lajang, sudah menikah, hingga yang sudah memiliki anak.

🖐🏻 *Evaluasi Produk Investasi Sebelumnya*

Jangan lupa untuk mengevaluasi tempat Anda menyimpan dana darurat sebelumnya. Bisa saja produk yang dulu Anda gunakan untuk menyimpan dana darurat sebenarnya tidak efektif. Misalnya, Anda menggabungkan rekening tabungan tempat menyimpan dana darurat dengan rekening sehari-hari. Akibatnya dana darurat terlalu mudah diakses hingga pengeluaran tidak terkendali. Jika Anda menemukan ketidaksesuaian seperti ini maka Anda bisa memperbaikinya sekarang. Gunakan produk untuk menyimpan dana darurat yang sekiranya lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

https://www.finansialku.com/menyusun-dana-darurat/

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...