Saturday, June 10, 2017

NHW#4

MasyaaAllah untuk mengerjakan peer kali ini. Ga selesai mikirinnya cuma sehari, meski sampe harinya dateline tetap bingung bikinnya.

Ya sudahlah ya.. Bismillah aja, yuk kita kerjain.. Semangat 😉

a. InsyaaAllah saya masih tetap memilih jurusan ilmu yang saya pilih di universitas kehidupan ini. Yaitu ilmu meraih surga. Karena yang tergiang-ngiang dikepala saya, yang saat ini perlu dipelajari terlebih dahulu adalah ilmu belajar mengendalikan emosi yang insyaaAllah kedepannya adalah untuk mendampingi pembelajaran anak-anak saya dengan emosi yg dapat dikendalikan.

b. Belum 100% menjalani checklist yang telah saya buat. Tetapi point untuk anak, alhamdulillah sudah 75% berjalan.

Memang dari dulu masalah dengan diri sendiri adalah susah konsisten. Bismillah mau belajar konsisten lagi. Seperti kata mba sukeng, jalanai 1 point dulu. Fokus, kerjakan secara istiqomah. Jika sudah 30 hari baru tambahkan poin lain

C. Sesungguh saya masih belum memahami sepenuhnya apa misi hidup saya didunia ini. Selain sebagai hamba Allah dan beribadah kepadaNya. Tapi yang pasti, saya merasa senang, tenang, dan berarti. Ketika saya bisa bermanfaat untuk orang lain.

Ketika saya bisa berkontribusi pada sebuah wadah/suatu komunitas, saya merasa itu adalah jalan saya untuk aktualisasi diri.

Setelah menelaah kembali nhw#3 dan contoh untuk mengerjakan poin ini. Jadi tercerahkan sedikit. Sepertinya peran besar hidup saya adalah sebagai fasilitator. Berbagi apa yang dipunya dan dirasa.
✏️Misi hidup saya : bermanfaat untuk orang lain

✏️Bidangnya : parenting
Kenapa bidang ini yang saya pilih. Karena saya melihat disekeliling saya banyak ibu baru yang tidak/belum memiliki ilmu untuk mendidik anak-anaknya. Cenderung menyerahkan kepada pihak sekolah, guru ngaji, baby sitter atau bahkan mungkin kepada nenek/kakeknya.

Serta masih banyak yang mendidik dengan kekerasan, karena ketidaktahuan dan atau ketidakmampuannya mengendalikan emosi.

Terbesit obrolan suami waktu yang lalu kepada saya, karena keminiman ilmu kami dalam bidang ini, beliau ingin membuat sebuah komunitas atau wadah agar bisa kontinue membuat kajian parenting yang membahas detail dan urut, tentang parenting keluarga yang sesuai syariah. Hal ini tercetus jauh sebelum saya ikuti IIP.

✏️Maka dari ini bisa saya simpulkan peran saya adalah sebagai fasilitator.

Apakah ini menjadi jalan kami? Wallahu'alam. Bismillah

D. Karena misi hidup sya adalah bermanfaat untuk orang lain dengan cara menjadi fasilitator.

Maka ilmu yang perlu disiapkan adalah :
H5S, yaitu
📌Handal : ilmu menjadi fasilitator
📌Sekufu : ilmu dasar pra nikah (bagaimana mencari pasangan, persiapan diri, dll)
📌Sejalan : ilmu dasar awal pernikahan
(Penyamaan visi misi keluarga,dll)
📌Seirama : ilmu manajemen konflik
📌Sayang anak : ilmu pengasuhan anak
📌Sayang keluarga : ilmu manajemen keluarga

d. KM 0 saya tetapkan pada usia saya 34 tahun. Karena beberapa hari lagi hari lahir saya.

Sehingga Milestone saya seperti ini :
📊KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) :
Menguasai Ilmu Handal dan Sekufu
📊KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu Sejalan dan Seirama
📊KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) :
Menguasai Ilmu Sayang Anak
📊KM 3 – KM 4 ( tahun 4) :
Menguasai Ilmu Sayang Keluarga

Saya akan memulai pelajari ilmu-ilmu tersebut dari kajian, internet, pelatihan, IIP, dll.
InsyaaAllah semua yang saya pelajari akan saya tulis dan simpan diblog saya. Sehingga secara tidak langsung sudah bisa berbagi.

e. Ahh... Saya belum masukkan waktu mempelajari ilmu-ilmu tersebut ke checklist di NHW#2. Hanya secara tersirat ada beberapa yang sudah tertulis. Hiks.. Mari kita koreksi..

Bismillah. Semoga Allah meridhoi setiap langkah kita.

Lakukan sedikit, tetapi rutin. Daripada banyak tetapi hanya sesaat.

Ditulis dan dicermati oleh,

Miraa Nihlaa Hilaby

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...