Wednesday, November 6, 2019

Buat kompos? Siapa takut..

Membuat kompos? Siapa takut..

Alhamdulillah ternyata mengompos itu adalah salah satu langkah paling nyata mengurangi sampah.

Mengapa demikian?
Karena sampah organik tersebut langsung kita daur ulang melalui kompos itu. Jika sampai panen, maka daur ulang kita berhasil. Tentu saja mengompos ini ada banyak faktor lainnya yang mempengaruhi.

Mulai dari..
1. Metode apa yang cocok buat keluarga kita?
2. Gunakan perlengkapan yang ada dirumah
3. Mulai dari hal kecil dan mulai sekarang

Nah.. Awalnya aku menggunakan metode osaki. Simpel tapi harus konsisten. Dan aku suka lupa ngadukkk hariannya 🙈 terus suka disemutin dan akhirnya bolong tuh bawah kardus. Beberapa kali pindah dan mencoba, selalu berakhir begitu.

Terus akhirnya coba metode drum biru, aku pake ember cat. Dapet informasi lengkap dari mba oktin waktu itu.

Terus inget adik lagi cat kamarnya, mintalah tuh kaleng jangan dibuang. Langsung eksekusi buat lubang, diketok pake palu.wkwkwkw. setelah seelsai baru inget, harusnya paku dipanasin dan bolongin deh seperti cara mba ida .😅

Alhamdulillah sampai saat ini masih pake cara itu. Meski belum panen komposnya, tapi sudah panen poc.

Terus, pernah bongkar si ember yang jenuh 1 bulan, ada yang sudah mulai jadi sekitar 1/5 dr ember. Dipisahin deh masukin kardus dan sering-sering diaduk kaya osaki. Sisanya masukin lagi ke ember.

Nah..
Yang dikardus itu sudah panen sebagian dan sudah ditaruh dipot-pot tanaman. Sebagian lagi jadi starter kompos buat metode karung, lagi coba hal baru.

Enak siy metode karung ini. Mirip osaki, setiap masukin sampah baru diaduk-aduk. Kelihatannya bisa lebih cepat panen ketimbang yang ember, karena keliatan sudah mulai menghitam. Cuma peernya agak basah dan bau. Karena ini emang metode anaerob.

Tapi karena ini hal baru, jadi masih trial and error. Ga menyerah kok, malah asik. Nemu hal baru teruss..

Kaya baru tau juga kertas bisa masuk kompos..langsung sampah kertas sisa mainan anak masuk kompos. Makin dikit isi kotak sampahnya. Yeayy..

Kompos is art.. Jadi ga ada yang salah dalam seni..💕💕

#hijrahnolsampah
#tantanganHNS5
#rumbelgreenorganic
#ibuprofesionaljakarta

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...